RIVER CLEANUP SUNGAI SEPANJANG JALUR REMENG DESA PERESAK

  • Oct 11, 2024
  • Admin Desa Peresak

DESA PERESAK_ Kegiatan pembersihan sungai dengan tajuk RIVER CLEANUP yang dilaksanakan pada Hari Kamis, 10 Oktober 2024 bertempat di sepanjang jalur Remeng Desa Peresak Kecmatan Narmada. Kegiatan ini diinisiasi oleh Young Water dengan didukung oleh PT. Awet Muda Air Minum, Pemerintah Desa Peresak dan Next Level Movement. Kegiatan yang bertujuan untuk membersihkan Sungai di sepanjang jalur remeng tersebut dihadiri oleh Plt. Dirut PT. AM Air Minum, Kadis LH Kabupaten Lombok Barat, Kepala Desa Peresak, Penggiat ingkungan dan Masyarakat Desa Peresak. Sebelum aksi pembersihan lingkungan Kadis LH Lobar dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, karena menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan merupakan tugas dan kewajiban Bersama semua pihak harus saling mendukung terutama memberikan edukasi kepada Masyarakat tentang cara-cara untuk mengolah sampah rumah tangga. Kemampuan Pemda Lombok barat terbatas untuk menjakau wilayah yang sangat  luas untuk mengangkut sampah-sampah yang ada di wilayah Lombok barat.
Dalam kegiatan tersebut juga diberikan pembekalan kepada Masyarakat yang hadir tentang manfaat limbah sampah rumah tangga yang bisa dijadikan pupuk kompos dan berbagai macam kerajinan yang berasal dari sampah plastic sehingga bisa menambah nilai ekonomis.

Sekretaris desa peresak dalam sambutannya yang mewakili kepala desa peresak berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan dan menjadi agenda rutin sehingga air Sungai remeneng yang merupakan Intake dari PT. AM Air Minum tetap terjaga kebersihannya dan dapat memberikan dampak postif kepada Masyarakat dan memiliki target desa peresak dapat moholah sampah secara madiri kedepannya. Tentu visi tersebut akan dapat terlaksana dengan adanya dukungan dari berbagai pihak.