Ribuan Masyarakat Hadiri Petunra Gempur Rokok Ilegal

  • Sep 08, 2024
  • Admin Desa Peresak

Labuapi, Diskominfotik. Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bersama Bea Cukai Mataram terus berupaya melakukan pemberantasan rokok ilegal. Selain kegiatan penindakan melalui Operasi Gabungan, Pemkab Lobar juga melakukan upaya preventif melalui kegiatan sosialisasi kepada masyarakat. Hal ini seperti yang digelar oleh dinas kominfotik Lobar melalui kegiatan (Petunra) Pertunjukan Rakyat Diskominfotik Lobar, Sabtu, 7 September 2024 di Agro Wisata Desa Labuapi, Kecamatan Labuapi, Lobar. Hadir dalam kegiatan ini Kadis Kominfotik Lobar Ahad Legiarto, Camat Labuapi Lalu Rifandani, Kabid Renbang Ekonomi Bappeda Lobar Yulinda Irmayani, ST, Perwakilan Pol PP, Kepala Seksi Kepatuhan Internal Bea Cukai Mataram Adi Cahyanto, Kepala Desa Labuapi, Tokoh Masyarakat dan ribuan masyarakat. 

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfotik Lobar Ahad Legiarto mengatakan sosialisasi gempur rokok ilegal ini dilakukan untuk mencegah atau mengurangi peredaran rokok ilegal di Lobar. Hal ini karena keberadaan rokok ilegal menyebabkan pendapatan negara dari cukai berkurang. Karenanya ia mengajak semua pihak untuk bersama sama menggempur rokok ilegal. "Mari kita gempur rokok ilegal agar pendapatan negara dari cukai semakin tinggi" ujarnya. 

Ahad mengatakan sosialisasi melalui Petunra ini dilaksanakan dengan berkolabirasi bersama kepala desa dan karang taruna desa labuapi. Hal ini agar semua pihak dapat terlibat secara langsung dan aktif dalam upaya gempur rokok ilegal. Selain itu dalam menggelar kegiatan ini tentu Pemda dalam hal ini Diskominfotik bekerjasama dengan kantor bea cukai mataram. "Tentu ini menjadi salah satu cara dan langkah kita dalam menguatkan gerakan gempur rokok ilegal yang bersifat partisipatif" ujarnya. 

Sementara itu Kepala Desa Labuapi Amanah menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada kominfo Lobar dan bea cukai mataram karena telah mempercayakan desa labuapi sebagai lokasi sosialisasi melalui kegiatan Petunra. Menurutnya hal ini sangat positif karena memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembangan agro wisata desa Labuapi. Ia mengatakan  bahwa agrowisata ini merupakan disetinasi baru yang dibangun oleh desa labuapi. "Tentu kami berharap agar kegiatan ini dapat mendongkrak ekonomi dan sosialisasi lokasi wisata yang baru kami buat ini" ujarnya. 

Dalam kegiatan sosialisasi ini juga dilakukan penyerahan makanan tambahan bagi balita potensial stunting oleh Dharma Wanita Persatuan Unit Kominfo Lobar. Dalam. Kegiatan ini dilakukan sosialisasi rokok ilegal oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Mataram Adi Cahyanto, Kepala Dinas Kominfotik Lobar Ahad Legiarto, M.Eng dan dipandu oleh Arief Rachman, M. Sos sebagai moderator. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh ribuan masyarakat. Selain itu dalam kegiatan ini juga ditampilkan Tari Gempur Rokok Ilegal dari Siswa SMPN 1 Gerung sebagai pembuka. Kegiatan  ini menghadirkan Erni Ayuningsih sebagai artis utama yang dinantikan oleh masyarakat. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan damai. (Diskominfotik/Tim IKP/Rif)