KEGIATAN POSYANDU LANSIA dan KELAS IBU HAMIL

  • Mar 30, 2024
  • Admin Desa Peresak

Desa_Peresak. Kegiatan Posyandu Lansia dan kelas ibu hamil Merupakan Wadah Kegiatan Kesehatan untuk Warga Lanjut Usia (atau Rentang Usia 60 Tahun keatas) di Desa Peresak baik Laki - laki maupun Perempuan . dalam hal ini yang mendasari diadakannya kegiatan posyandu lansia adalah Rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok barat Untuk bisa diadakan dan dilaksanakan disemua Desa Di Wilayah Kabupaten Lombok Barat. dengan Tujuan Memberikan Pelayanan Kesehatan Terhadap Lansia yang Sehat Maupun Lansia dengan Resiko Tinggi terhadap suatu Penyakit.

Posyandu Lansia Dilaksanakan setiap Awal Bulan oleh Petugas Kesehatan Desa yang Meliputi Bidan Desa, Perawat Desa serta Kader Kesehatan Desa di tempat yang telah ditentukan. untuk mempermudah akses warga  Lansia dari Tempat Tinggal Ke Posyandu maka telah dilakukan Pendirian Beberapa Posyandu antara lain :

  1. Posyandu Lansia dan Ibu Hamil Durian yang bertempat di Balai RW/RT 004 yaitu di Desa Peresak yang berdiri sejak Tahun 2001 dengan Sasaran untuk Semua Warga Lanjut Usia di Wilayah Dusun Peresak Selatan dan Utara;
  2. Posyandu Lansia dan Ibu Hamil yang Bertempat di Balai RW 001 yaitu di Dusun Tebao yang berdiri Sejak Tahun 2006 dengan sasaran untuk Semua Warga Lanjut Usia di Wilayah Dusun Tebao dan Tebao Eat;
  3. Posyandu Lansia Desa Drancang yang bertempat di Balai Desa Peresak yang baru dilakukan Pembukaan sejak awal Januari Tahun 2000 dengan Sasaran untuk Semua Warga Lanjut Usia dan Ibu hamil  di Wilayah Dusun Tanak Tepong Utara dan Selatan.

Adapun Rangkaian Kegiatan yang dilakukan di Posyandu Lansia antara Lain :

  1. Warga Lansia yang Hadir Melakukan Pengisian Daftar Hadir;
  2. Dilakukan Pengukuran Berat Badan dan Tinggi Badan Warga Lansia; 
  3. Pemeriksaan Tekanan Darah (Tensi) dan dilakukan pemeriksaan Lanjutan Lainnya serta Pemberian Obat;
  4. Penyuluhan terhadap Lansia untuk memberikan Wawasan Kesehatan di Usia Lanjut serta Bentuk Pencegahannya.
  5. Penyuluhan terhadap ibu hamil dan menyusui.

Agar Posyandu Lansia ini Terselenggarakan dengan baik maka Dukungan Keluarga sangat diperlukan untuk memberikan Pengertian terhadap anggota Keluarga yang sudah lanjut usia untuk mengikuti Posyandu Lansia di Desa.