SEMARAK KEMERDEKAAN DI DESA PERESAK

  • Aug 20, 2023
  • Admin Desa Peresak

Jumat,(18/18/23). Beragam Lomba dilaksanakan di Desa Peresak dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun yang melibatkan beragam generasi mulai dari anak-anak sampai lansia antusias mengikuti kegiatan agustusan.

Ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia memang menjadi moment tahunan yang paling ditunggu masyarakat, dalam meramaikan ajang tahunan tersebut masyarakat Indonesia banyak melaksanakan kegiatan berupa lomba yang menghibur begitu juga yang dilakukan masyarakat Desa Peresak. Lomba yang dihadirkan panitia beragam dan kreatif dengan hadiah yang variatif selalu ramai diikuti peserta lomba. Hal tersebut membuktikan masyarakat Desa Peresak sangat antusias di hari special Indonesia. Berikut sejumlah kegiatan Desa Peresak dalam menyemarakan kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan awal yang dilaksanakan yaitu sepak bola dirangkai dalam Peresak Cup U-13, turnamen sepak bola untuk anak-anak usia dibawah 13 tahun ini berlangsung sepuluh hari sejak dibuka 7 Agustus 2023 lalu ditutup bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 merupakan kerja sama antara Karang Taruna Desa Peresak, KKP Uin Mataram dan KKN Universitas Mataram dan Peresak Cup U-13 berhasil dimenangkan Tim Rusuh Fc sebagai juara pertama, Peresak Lingsir Fc sebagai juara kedua serta juara ketiga diraih Sopan Fc.

Tidak kalah seru dari turnamen Peresak Cup U-13 lomba yang diadakan malam hari pada 17 Agustus 2023 di Lapangan Desa Peresak, kegiatan yang diadakan juga oleh Karang Taruna Desa Peresak, KKP Uin Mataram dan KKN Universitan Mataram menghadirkan lomba balap karung untuk anak-anak, lomba mengaitkan kawat, tarik tambang, makan biscuit dan bola gelas. Lomba balap karung paling menyita perhatian hadirin malam itu saat peserta lomba meloncat dengan karung dan helm, tak sampai disitu dari Lomba balap karung Lomba makan biscuit paling banyak menghadirkan tawa penonton karena ekpresi beragam para peserta saat berusaha menggerakan biscuit yang diletakan di mata agar bisa turun ke mulut untuk dimakan.

Ibu-ibu PKK Desa Peresak Tidak ingin kalah dari anak muda juga mengadakan kegiatan senam pagi pada tanggal 17 Agustus yang dimulai sekitar jam 8:00 Wita diikuti ibu-ibu dan lansia Desa Peresak di halaman kantor desa. Ibu-ibu PKK yang berseragam merah putih pada pagi itu Setelah kegiatan senam ada beragam lomba dengan hadiah dan undian berupa kebutuhan rumah tangga. sejumlah lomba diantaranya lomba tusuk jarum, estafet air, estafet baju dan lomba memecahkan balon. Tidak ketinggalan semua lomba sangat menghadirkan tawa dan keseruannya masing-masing.

Semarak Kemerdekaan Desa Peresak tidak habis sampai disitu saja keesokan harinya tanggal 18 agustus 2023 pukul 14:00 Wita kegiatan gerak jalan tepat waktu. Lomba gerak jalan kali ini yang menjadi panitia adalah staf desa di bantu mahasiswa KKP Uin Mataram. Lomba dibagi menjadi dua tingkat ada tingkat anak-anak (Sekolah Dasar) dan untuk umum setiap regu atau kelompok maksimal sebelas orang. keseruan saat gerak jalan banyak peserta memakai kostum dari yang paling cantik sampai cosplay menjadi orang sakit. Jalur gerak jalan dimulai di lapangan Desa Peresak menuju Dusun Tanak Tepong, kemudian belok kanan ke Dusun Peresak Selatan dan berputar ke Kebon Datok dan kembali ke Lapangan, juri-juri yang menilai ditempatkan di beberapa titik yang menjadi jalur gerak jalan. Setelah pengumuman pemenang gerak jalan diikuti lomba yel-yel dan kuis. Peserta dan penonton cukup senang dan puas sore itu karena hadiah yang banyak dan beragam.

Kepala Desa Peresak Bahri S.IP menyampaikan cukup senang dengan rasa antusias masyarakat yang tidak surut dan berharap kedepannya kegiatan positif seperti ini bisa diadakan lagi kedepannya dan tentu kegiatan sebelumnya menjadi evaluasi bersama agar lebih baik, meriah dan bisa menjadi panutan-panutan desa lain dalam merayakan kemerdekaan.

Penulis: Sulastri KKP Uin Mataram