Polresta Mataram Gelar Apel Kasatkamling Dan Pemberian Penghargaan Pemenang Lomba Satkamling

  • Jun 21, 2023
  • Admin Desa Peresak

Mataram – Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa SIK MH memimpin kegiatan Apel Kasatkamling Polresta Mataram tahun 2023 tentang Revitalisasi Satkamling dalam rangka Harkamtibmas Menjelang Pemilu Tahun 2024 dan pemberian Penghargaan Pemenang Lomba Satkamling bertempat di Lapangan Apel Polresta Mataram. Rabu, (21/06/2023)

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakapolresta Mataram AKBP Syarif Hidayat SH SIK, pejabat utama Polresta Mataram, Kapolsek Jajaran Polresta Mataram, Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani bersama 5 anggota, Kalapas Perempuan Kelas II A Mataram bersama 5 anggota, Kepala Rupbasan Mataram bersama 5 anggota, Kasatpol PP Kota Mataram beserta 25 anggota, Danramil Ampenan, Camat Ampenan, Camat Sekarbela, Ketua Senkom beserta 25 anggota, Kasatkamling sebanyak 35 orang, Linmas sebanyak 30 orang dan Bhabinkamtibmas sebanyak 25 orang. Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa SIK MH membacakan amanat Kapolri yang menyampaikan bahwa Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling, dinamika tantangan tersebut harus kita hadapi bersama
dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat. 

Ia menjelaskan Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para Awak Satkamling
melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan
masyarakat.

Kemudian dilanjutkan Pemberian Penghargaan Kepada Pemenang Lomba Satkamling Tingkat Polres Kota Mataram Tahun 2023 untuk memberikan apresiasi penghargaan kepada seluruh Kasatkamling yang telah dibentuk dan acara tambahan berupa pembagian Sarana kontak Senter kepada seluruh Kasatkamling.

Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77, Satuan Binmas Polresta Mataram menggelar Lomba Pos Kamling tingkat Polresta Mataram, Selasa 6 Juni 2023 lalu.

Ketua Banjar Pancor Anang, H. Akhmad Nuruddin, S.Pd.I dalam keterangannya, Rabu, 21 Juni 2023 mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai persiapan untuk menyambut tim penilai dari Polresta Mataram untuk melakukan penilaian ke desanya.

‘’Semua elemen masyarakat Dusun Tanak Tepong Selatan Desa Peresak Kecamatan Narmada, Ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dan semua masyarakat  sangat antusias dalam persiapan dan membantu dalam kelancaran pada kegiatan penilaian tingkat Polresta Mataram,’’ kata Akhmad.

Dalam lomba ini, semua indikator penilaian sudah terpenuhi mulai dari kelengkapan administrasi hingga sumber daya yang terlibat dalam pengamanan lingkungan.

Sebelumnya Kapolsek Narmada bersama jajaran memberikan bantuan berupa senter kepada tokoh masyarakat yang ada di Banjar Poskamling Pancor Anang.
Kapolresta Mataram melalui Kapolsek Narmada Kompol Kadek Metria S.Sos, SH, MH mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mempererat silahturahmi dengan masyarakat dan sekaligus berpesan untuk aktif melaksanakan kegiatan ronda malam.

” Oleh karenanya dalam kegiatan ronda kebutuhan senter sangat diperlukan dalam melaksanakan  patroli keliling ke rumah – rumah warga. Hal ini dilakukan untuk mencegah tindakan kriminal dan masyarakat merasa aman dengan adanya patroli dalam kegiatan saat ronda.

Dan juga tidak lupa memberikan pesan agar seluruh  masyarakat untuk saling bekerja sama berperan aktif menjaga keamanan agar situasi aman dan kondusif di sekitar dusun maupun lingkungan.
‘’Kami ingin tidak ada jarak dan bisa lebih dekat dengan masyarakat serta menyerap informasi permasalahan Kamtibmas. Untuk itulah bantuan sarana kontak sangat penting mendukung kebutuhan masyarakat,’’ katanya.

Selain Kapolsek hadir Juga Ps.Kanit Samapta Polsek Narmada Iptu Abdul Samad,    Kanit Intel Polsek Narmada Ipda Made Sudarma, Bhabinkamtibmas Dasan Tereng Aipda Erwin Hadi serta semua pengurus dan anggota Banjar Pancor Anang. (r)