PEMILIHAN KAUR KEUANGAN DAN KEPALA WILAYAHAN DUSUN TEBAO EAT PEMERINTAH DESA PERESAK

  • Sep 12, 2023
  • Admin Desa Peresak

DESA PERESAK _ dalam rangka mengisi kekosongan perangkat desa di kantor Desa Peresak Kecamatan Narmada karena adanya perangkat desa yang mengundurkan diri dan memasuki masa purna tugas karena usia sudah mencapai 60 tahun. Pelaksanaan seleksi dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 September 2023 di Aula kantor Desa Peresak.

Seleksi perangkat desa di ikuti oleh 9 calon perangkat desa yang telah lulus seleksi Administrasi yang terdiri dari 4 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Dalam seleksi perangkat desa tersebut panitia seleksi mencari posisi kaur keuangan/bendahara dan kepala kewilayan Dusun Tebao Eat. Adapun peserta yang daftar berasal dari 6 dusun yang ada di desa peresak yang mana pendaftara telah dibuka selama 1 pekan oleh panitia seleksi.

Seleksi perangkat desa dimulai dari pukul 09.00 wita sampai pukul 16.00 wita. Untuk menjaring perangkat desa yang lulus peserta harus melalui 3 tahapan seleksi. Adapaun seleksi yang dilalui adalah tes tulis yang terdiri dari 100 soal, tes kemampuan computer dan tes uji kelayakan dan kepatutan (wawancara). Dalam aturan yang sudah di buat oleh tim seleksi dengan berkonsultasi ke tim fasilitator dari kecamatan Narmada bahwa peserta yang berhak mengikuti seleksi berikutnya adalah 3 orang peserta yang memiliki nilai tertinggi pada tes tulis. H. Husni, SE. selaku ketua tim seleksi membeberkan ada 3 nama yang berhak mengikuti tes uji kelayakan dan kepatutan untuk posisi kaur keuangan karena memiliki nilai tertinggi yaitu : M. Rahmat Zulifanul Hakim, SH., Dahlia dan Ni Nengah Uriani, SE. sedangkan untuk posisi kepala kewilayahan atas nama Herman Efendi.

Uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon perangkat desa yang lulus dilaksanakan jam 13.00 wita yang di ikuti oleh 4 peserta. Adapaun yang menjadi penguji terdiri dari Bapak Danramil Narmada, Bapak Kapolsek Narmada, Bapak Camat Narmada, Bapak Kepala Desa Peresak, ketua Tim Pansel dan tim Fasilitator kecamatan Narmada. Tim penguji memberikan beberapa pertanyaan untuk menggali informasi dan pendalaman terhadap kemampuan dan integritas calon perangkat desa yang dilaksanakan secara tertutup dan bergiliran.

Setelah para calon melewati semua rangkaian tahapan seleksi maka akan direkap hasil akhir dari semua calon. Utuk menentukan perangkat desa terpilih di tentukan dengan nilai terbanyak dari semua jenjang tahapan. Adapaun perangkat desa terpilih untuk kaur keuangan adalah Ni Nengah Uriani, SE dan untuk kepala kewilayahan adalah Herman Efendi.

Bahri, S.IP selaku kepala desa peresak mengatakan sangat puas terhadap jalannya seleksi perangkat desa tahun ini. Kepala desa memberikan apresiasi kepada semua tim seleksi yang telah bekarja dengan maksimal dan transparan. “hapan kedepan semoga perangkat desa terpilih dapat bekerja dengan baik dan memberikan dampak positif terhadap kemajuan desa”.

Sumber : Tim PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Pemerintah Desa Peresak