PELATIHAN PENGOLAHAN MAKAN NON BERAS

  • Oct 27, 2023
  • Admin Desa Peresak

DESA PERESAK_ Pada hari Kamis, 26 Oktober 2023 Ibu-ibu PKK Desa Presak berkumpul di Aula Kantor Desa Peresak untuk melaksanakan kegitan pelatihan pengolahan makan non beras yang dilaksanakan oleh PKK Desa Peresak. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 36 orang yang berasal dari ibu-ibu PKK dari semua dusun yang ada di Desa Peresak. Hadir pula dalam kesempatan ini Kepala Desa Peresak, Sekretaris Desa Peresak, Babinsa dan Babinmaspol.

Wakil ketua PKK Desa Peresak Nurul Hayani Oktaviani dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini didanai oleh Anggara Desa Peresak Tahun 2023 yang merupaka salah satu program dari Pokja 3 (tiga) dengan Tugas : Mengupayakan ketahanan keluarga di bidang pangan sesuai dengan UU No. 7 Tahun 1996 tentang Pangan. Adapun harapan dengan terselenggaranya kegiatan ini adalah agar ibu-ibu menjadi lebih kreatif dalam mengolah makanan keluarga dan dapan membantu perekonomian keluarga.

Dalam pelatihan tersebut ada beberapa jenis olahan makanan non beras yang di ajarkan kepada para peserta, antara lain : pembuatan kue lumpur berbahan dasar perenggi, pembuatan kue berbahan dasar ubi kayu/singkong dan pembuatan minuman serbat berbahan dasan jahe dan dula aren. Tampak dari kegiatan tersebut para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan bahkan ada yang langsung memperaktikkan dan bertanya kepada para narasumber jika ada penjelasan yang kurang dipahami dalam cara pengolahannya.

Kepala Desa Peresak Bahri, S.IP. menyampaikan dalam sambutannya bahwa harapan kedepannya melalui pelatihan ini akan muncul UMKM pembuatan makanan yang bisa dijual dan dipasarkan sehingga dapan mengangkat perekonomian keluarga. Kepala desa peresak juga memberikan gambaran terhadap pelaku usaha yang sudah berkembang dan maju tentunya melalui proses yang tidak mudah dan merintis dari hal-hal yang kecil. Tentunya apa yang disampaikan oleh kepala desa peresak betujuan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada ibu-ibu PKK yang mengikuti pelatihan agar bisa maksimal dan mendapatkan ilmu untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.