Lobisa, Strategi Camat Narmada Dorong Kemajuan Desa Peresak

  • Jul 15, 2023
  • Admin Desa Peresak

Sejelo bina desa (Lobisa), kegiatan "wajib" seluruh Desa di Kecamatan Narmada, Lombok Barat, termasuk Desa Peresak.

Kegiatan spektakuler ini diperuntukkan untuk memajukan desa di Narmada. 

Kali ini, pelaksanaan kegiatan Lobisa dilakukan Desa Presak berkolaborasi dengan mahasiswa KKN-PMD  Universitas Mataram dan Mahasiswa KKP UIN Mataram. Terbaru, kegiatan tersebut dilakukan, Kamis (13/7).

Sekretaris Desa Peresak, Haryadi Susanto menjelaskan, Lobisa merupakan salah satu agenda wajib di bawah naungan Kecamatan Narmada yang diadakan setiap dua kali dalam setahun. Sejauh ini sudah empat kali kegiatan itu dilaksanakan.

"Lobisa ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan desa yang fokus terhadap pembangunan yang ada di desa. Salah satu caranya adalah membina para perangkat desa yang ada di desa tersebut," katanya, Jumat (14/7).

Dia menyebutkan, Lobisa hanya bertujuan untuk memajukan desa dan perangkatnya. Sehingga kedepannya, kondisi masyarakat Desa Peresak bisa lebih sejahtera dibanding sebelumnya. 

"Saya sangat mengapersiasi adanya kegiatan LOBISA tersebut. Karena dengan adanya kegiatan tersebut saya beserta staff desa yang lain menjadi lebih teredukasi dan kedepannya berharap dapat lebih berguna untuk masyarakat Desa Peresak pada umumnya,” jelas Sekdes.

Dia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas kerja para staff desa, khususnya Desa Peresak. Salah satu hal yang dirasakan adalah penataan administrasi desa yang semakin teratur.

“Apa yang lemah dari administrasi desa itu akan dibantu oleh kecamatan, sehingga memudahkan kinerja,"

Karena itu, Sekdes berharap kegiatan ini tetap diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Narmada sesuai jadwal.

Adapun rangkaian dari kegiatan LOBISA ini adalah seperti Apel pagi yang dipimpin oleh Camat Narmada. Setelah itu pembinaan oleh tim dari Kecamatan Narmada terhadap masing-masing KASI dan KAUR serta Lembaga – Lembaga yang ada di Desa Peresak baik itu BPD, LINMAS, LPM, PKK, dan lain sebagainya.

Sekdes juga menuturkan, dengan banyaknya lembaga yang tergabung dalam kegiatan yang sudah terlaksana empat kali ini mampu memperlancar Kegiatan tersbut. Salah satunya Mahasiswa KKN-PMD  Universitas Mataram serta Mahasiswa KKP UIN Mataram.

“Dalam setiap kegiatan kita juga harus tetap bersifat kolaboratif karena kolaborasi itu adalah sebuah hal yang dapat menguatkan," imbuhnya.

Wakil Ketua KKN-PMD Universitas Mataram Muhammad Alif Farhan atau yang kerap disapa Bang William menjelaskan, ini adalah pengalaman pertamanya mengikuti kegiatan tersebut. 

“Saya bahkan awalnya tidak tahu sama sekali apa yang dimaksud dengan LOBISA itu. Tapi setelah mengikuti beberapa dari rangkaian acaranya, saya jadi lebih tahu dan paham apa yang dimaksud dengan LOBISA serta apa tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut,” jelasnya.

Hal senada juga diutarakan Ketua KKN-PMD Universitas Mataram M. Farabi Huzaipi. Dia mengaku ini adalah pengalaman yang menarik baginya.

Oleh Firyal Yasmin, Mahasiswa KKN-PMD Universitas Mataram.