Jelang Penilaian ADWI, Pemkab Lobar Lakukan Persiapan Awal

  • Apr 06, 2023
  • Admin Desa Peresak

Lombok Barat, Jejakfaktanews.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat menggelar rapat koordinasi persiapan Anugerah Desa Wisata lndonesia (ADWI) di ruang rapat Jayengrane Kantor Bupati Lombok Barat, Kamis 6 April 2023. Hadir dalam kegiatan ini Asisten I Setda Lombok Barat Drs. Agus Gunawan, Kadis Pariwisata Fajar Taufiq, Kadis Kominfotik Ahad  Legiarto, Kasat Pol PP Baiq Yeni S, Camat Lembar, Kades Lembar Selatan serta perwakilan OPD Terkait. 

Dalam pemaparannya Asisten 1 Setda Lobar Drs. Agus Gunawan menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini sangat penting untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam visitasi atau penilaian ADWI yang akan dilakukan beberapa bulan ke depan. Ia juga mengatakan rapat persiapan ini sebagai langkah awal melakukan identifikasi berbagai kebutuhan yang diperlukan dalam Visitasi dan asesmen lapang anugrah desa wisata indonesia tahun 2023. Ia mengatakan bahwa visitasi dan asesmen  akan dilakukan oleh tim penilai khusus ADWI yang ditunjuk oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif. "Kita perlu mempersiapkan dengan baik dan matang dan hal ini tentu membutuhkan koordinasi secara rutin" ujarnya. 

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya belum tau pasti kapan tim visitasi dan asesmen akan datang ke Desa Wisata Lembar Selatan. Namun diperkirakan kemungkinan besar penilaian akan dilakukan di akhir bulan April. Hal ini tentu cukup mepet sehingga dibutuhkan persiapan ekstra untuk melengkapi berbagai kebutuhan untuk penilaian atau asesmen. "Jadi penting untuk melakukan persiapan dalam rangka suksesnya kegiatan tersebut agar kita dapat menembus babak selanjutnya" ujarnya. 

Asisten juga menegaskan bahwa Kategori penilaian yang sangat penting adalah profil desa wisata. Sehingga ia meminta tolong kepada semua OPD Terkait di update dan di sempurnakan profil desa wisata Lembar Selatan. Hal ini menjadi salah satu komponen penilaian sehingga ia meminta semua pihak berkolaborasi dan gerak cepat untuk menyiapkan hal tersebut.  "Desa wisata dengan perkembangan ekonomi kreatifnya bukan hal yang baru jadi kami yakin hal tersebut dapat dipersiapkan dengan baik. Semua data dukung informasi harus kita persiapkan dengan baik" Ujarnya. 

Sebagaimana di ketahui terdapat 75 desa wisata yang lolos dalam penilaian lanjutan ADWI. dari 75 Desa Wisata Tersebut, 3 Desa Wisata berasal dari Nusa Tenggara Barat  yaitu Desa Wisata Labuhan Lombok Kabupaten Lombok Timur, Desa Wisata Lembar Selatan Kabupaten Lombok Barat serta Desa Wisata Setanggor Kabupaten Lombok Tengah. Diharapkan Desa Lembar Selatan dapat terus berlanjut ke babak selanjutnya. 

(Jejakfaktanews.com/Red)