DESA PERESAK LAKSANAKAN SOSIALISASI TAHAPAN PENERIMAAN PERANGKAT DESA

  • Aug 09, 2023
  • Admin Desa Peresak

Desa Peresak_Hari ini Rabu (9/8/23). Sesuai dengan Pergub Nomor 9 tahun 2017 Panitia Seleksi Perangkat Desa Peresak Kecamatan Narmada melaksanakan sosialisasi sebagai salah satu proses penerimaan perangkat desa di aula kantor Desa Peresak.

Sosialisasi yang berlangsung dari jam 9:00 sampai 11:00 wita dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada panitia dan masyarakat tentang bagaimana regulasi-regulasi yang harus dipatuhi dan harus dijalankan kemudian persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi bakal calon perangkat desa. Tujuan diadakan sosialisasi tersebut agar masyarakat tahu, memahami dan bisa disebarluaskan kepada masyarakat terutama bakal calon perangkat desa tentang hak, tugas, tanggung jawab dan kewajibannya sebagai perangkat desa nantinya.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Narmada dalam sosialisasi juga menyampaikan sejumlah tahapan penerimaan perangkat Desa Peresak “Jadi proses yang kita lalui ada beberapa tahapan yaitu pertama pembentukan panitian yang kebetulan sudah dilaksanakan oleh desa mengingat H.Husni sudah terpilih menjadi ketua panitia seleksi, kemudian setelah panitia terbentuk yang menjadi kewajiban panitia yang pertama yaitu menyusun RAB untuk pelaksanaan seleksi, selanjutnya tahapan sosialisasi dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana Tim Pansel seleksi perangkat Desa Peresak, sesuai dengan Pergub Nomor 9 tahun 2017 itu acuan kita, selanjutnya penjaringan dan penyaringan setelah lima hari pelaksanaan sosialisasi, setelah dibuka pendaftaran tiga hari setelah itu diverifikasi berkasnya oleh panitia baru kemudian nanti dilanjutkan pembuatan berita acara bahwa bakal calon yang lolos verifikasi akan langsung mengikuti seleksi dan mendapat nilai tertinggi yang akan lolos menjadi perangkat desa” ungkap Kasi Pemerintahan Kecamatan Narmada yang menjadi narasumber pada sosialisasi tersebut.

Ketua panitia seleksi perangkat Desa Peresak H.Husni, SE dalam kesempatan yang sama menyampaikan Timeline atau jadwal proses penerimaan perangkat Desa Peresak. Pengumuman Seleksi sampai 17 Agustus 2023, pendaftaran dibuka 18-29 Agustus dan perbaikan adminitrasi direncanakan 30 September 2023. Selanjutnya untuk informasi persyaratan akan disebarkan oleh panitia melalui selebaran maupun media sosial.

Adanya sosialisasi diharapkan masyarakat atau anak muda yang punya potensi dan semua hadirin sosialisasi bisa memberitahu keluarga dan tetangga untuk mempersiapkan diri menjadi perangkat Desa Peresak karena penerimaan perangkat desa kali ini cukup berbeda dengan sebelumnya yang dipilih langsung masyarakat.

Penulis: Sulastri KKP Uin Mataram