Bupati Lobar Buka Manasik Haji Lombok Barat Tahun 2023

  • May 18, 2023
  • Admin Desa Peresak

Gerung, Diskominfotik. Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid membuka secara resmi pendalaman dan praktek manasik haji yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Kabupaten Lobar dan Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PD IPHI) Lobar. Kegiatan ini berlangsung di bencingah agung kantor bupati Lombok Barat, Selasa 16/5/2023). Hadir dalam Pembukaan Manasik Haji Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Anggota Forkopimda, para asisten, Kepala OPD dan Jajaran Pejabat Kantor Kementrian Agama Lombok Barat.

Dalam sambutannya Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid Menyampaikan dengan adanya pelatihan manasik haji, calon jemaah bisa mendapatkan pemahaman akan tata cara pelaksanaan haji sesuai ajaran yang didapatkan dari tenaga pembicara. Menurutnya, pengalaman berkunjung ke tanah suci Mekkah merupakan perjalanan spiritual yang luar biasa bagi seorang manusia. Untuk itu Bupati berpesan untuk banyak beristighfar dan bersholawat selama menjalani ibadah rukun Islam ke-5 tersebut.

"Do'kan semua keluarga dan teman teman kita dan banyak dzikir penting kita lakukan. Selain itu kita juga jangan keras hati dan tetap saling membantu selama menjalankan ibadah yang tidak hanya diikuti oleh jamaah dari Indonesia melainkan dari berbagai negara di dunia"jelasnya.

Bupati berharap para jama'ah haji Lombok Barat dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan baik. Karenanya pelatihan manasik haji ini sangat diperlukan agar Jam'ah calon haji dapat memiliki bekal di tanah suci dalam menjalankan ibadah.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor Kementrian Agama Lobar Drs. H. Iskandar melaporkan bahwa kuota Calon Jemaah haji sebanyak 553 orang yang terbagi menjadi jemaah lansia diatas 65 tahun sebanyak 149 orang dan dibawah usia 65 tahun sebanyak 349 orang dengan jumlah cadangan sebanyak 127 orang.

H. Iskandar Berharap agar kegiatan manasik ini kedepannya semakin lengkap dan detail, sehingga kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan haji dapat dipelajari oleh calon jemaah dengan baik.