Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Kesehatan Mandiri

  • May 25, 2023
  • Admin Desa Peresak

Desa_Peresak, kamis 25 Mei 2023 mengadakan program JKN, BPJS Kesehatan Dari kantor cabang mataram dan saat ini sedang belangsung diaula kantor desa peresak . Ada 3 kelas dibagi menjadi beberapa kelas yaitu. ( Kelas 1; 150.000) ( Kelas 2 ; 100.000) dan ( Kelas 3 ; 35.000). Di era digitalisasi saat ini, data is the new gold-mining. Data dan informasi yang dimiliki di era sekarang ini layaknya tambang emas yang sangat berharga dan mahal atau bahkan tak ternilai harganya.

Sebagai badan hukum publik yang mengemban amanah penyelenggaraan Program JKN, aspek pengelolaan data dan informasi menjadi salah satu perhatian BPJS Kesehatan. Dalam menjalankan tugas penyelenggaraan Program JKN, BPJS Kesehatan berkewajiban memberikan informasi mengenai kinerja, kondisi keuangan dan hasil pengembangannya secara terbuka.

Pada saat yang sama, tuntutan publik semakin tinggi terhadap kinerja BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program JKN sehingga segala keputusan yang berkaitan dengan penyelenggaraan Program JKN diharapkan telah berdasarkan kepada data atau data driven policy.

Data driven policy diharapkan dapat meminimalisir bias-bias dan asumsi-asumsi yang muncul dalam proses pengambilan keputusan sehingga dengan adanya data driven policy maka keputusan yang diambil lebih tepat, akurat dan objektif.

Oleh sebab itu, BPJS Kesehatan berupaya untuk memberikan kemudahan akses atas data-data yang dimiliki, sehingga upaya data driven policy dapat dilakukan, tidak hanya oleh BPJS Kesehatan tetapi juga oleh seluruh pemangku kepentingan dalam rangka proses pengambilan keputusan. Adapun upaya tersebut kami wujudkan dalam bentuk peluncuran data sampel.

Peluncuran data sampel ini merupakan peluncuran data sampel keempat kalinya. Sebelumnya, peluncuran data sampel pertama kali dilakukan pada tahun 2019 untuk data sampel general periode data tahun 2015-2016, tahun 2020 untuk periode data sampel general tahun 2017-2018, tahun 2021 untuk periode data sampel general tahun 2019-2020 dan data sampel kontekstual diagnosa  diabetes melitus periode 2015-2021. Selanjutnya pada tahun 2022, diluncurkan data sampel general periode tahun 2021 serta data sampel kontekstual diabetes melitus periode tahun 2022 dan tuberkulosis periode tahun 2015-2021.

Data sampel yang diluncurkan ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para pemerintah, pemangku kepentingan dan akademisi sehingga dapat mempermudah proses analisis sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam Program Jaminan Kesehatan.

Peluncuran data sampel selain sebagai wujud keterbukaan BPJS Kesehatan terhadap data pengelolaan Program JKN juga sebagai wujud bahwa BPJS Kesehatan senantiasa siap berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait penyelenggaraan Program JKN.

Selain berkolaborasi dalam penyelenggaraan Program JKN, BPJS Kesehatan juga senantiasa menjadikan peningkatan mutu layanan sebagai fokus utama organisasi. Salah satu wujud peningkatan mutu layanan adalah melalui digitalisasi dan pembaharuan layanan-layanan digital di BPJS Kesehatan sehingga lebih update dan mengikuti perubahan kondisi dan perkembangan kebutuhan peserta  JKN.