KALIADEM DINA DEWI DAN MAKAN RINGAN TRADISONAL

  • May 29, 2023

Kegitan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ),  Kaliadem adalah makanan khas Sasak Lombok yang berbentuk angka delapan atau bulat seperti bola yang terbuat dari campuran tepung beras, ketan dan gula merah yang diuleni sampai kalis kemudian di baluri wijen selanjutnya di goreng. Makanan kaliadem yang rasanya manis ini biasanya disajikan pada acara-acara adat pernikahan.  Biasanya, pesanan jajanan tradisional tidak hanya datang dari warga suku Sasak, namun juga dari luar daerah. “Kemarin kita ngirim ke Surabaya dan Bali,” ucapnya.

Dina dewi  memanfaatkan media sosial (medsos) seperti facebook dan Instagram memasarkan jajanan tradisional yang satu ini. Bahkan banyak pelanggan yang datang langsung ke MCC membeli kue kaliadem karena mendapat cerita dari orang. “Pesanan tidak tentu, kadang ramai, kadang sepi,” cetusnya.

Tak hanya itu, dia juga  kerap mengikuti bazar dan pameran guna memperkenalkan kue khas Lombok ini. Pameran dan bazar  diadakan instansi pemerintah dan swasta kerap diikutinya. Apa yang dijajakan dengan mempromosikan kuliner khas Lombok mendapat dukungan pemerintah.

“Mudah-mudahan nanti kita dapat stand untuk promosikan kue ini pada event MotoGP,” harapnya. Sejauh ini Dina dewi memiliki kepuasan tersendiri memproduksi kue kaliadem. Dia bisa memfamiliarkan kembali jajanan khas Lombok yang kini mulai jarang terlihat pada saat begawe.

“Dulu, kue ini selalu ada pada saat orang begawe sampai sekarang ,” pungkasnya.

Alamat : Produksi langsung di rumahnya ( Tanak Tepong Selatan Desa Peresak Kec. Narmada Kab. Lombok Barat dan Silakan Oder hubungi kami di : 087864866203 )